Mahasisa

14.32

Twitter saya (@indrawidjaya) cukup membuat malas untuk mengurus blog. Namun, 2012 ini, blog saya bernapas kembali.


*bakar server blogger*


Berhubung sudah jadi anak kuliahan, saya melihat perbedaan di antara kaum-kaum yang ada di kampus. Ternyata, tidak semua anak kuliah itu bisa dibilang mahasiswa. Let's just call it: mahasisa.


    
Apa itu mahasisa? Apakah semacam makanan di Fear Factor stage kedua yang dibuat dari peleburan antara sashimi dan sushi yang diblender jadi satu dengan wasabi? Tentu saja bukan. Mahasisa di sini adalah... mahasiswa separuh hati.



#nowplaying Indonesia Raya

Mahasiswa berbeda dengan mahasisa. Mahasiswa adalah makhluk suci yang kuliah dengan presensi absen hadir lebih dari 90%, tetap angkat tangan untuk bertanya pada Dosen walaupun jam kuliah sudah lewat satu jam, nilai A berceceran di transkrip akademik, aktif di organisasi, dan suka berkelahi dengan polisi kalau lagi demo.

Sedangkan mahasisa, adalah makhluk suci yang jam kuliahnya ngikutin jadwal bangun tidur. Dapet nilai B aja udah puasa Senin-Kamis. Berantemnya? Sama petugas akademik kampus, gara-gara ribut mau pindah kelas, atau nggak bisa ikut UAS gara-gara sering absen.

Mahasiswa selalu berpakaian rapi, baju berkerah, dan entah kenapa, apa karena adanya hasrat dini menjadi dosen, sering ditemukan beberapa mahasiswa kuliah memakai kemeja batik, sepatu pantofel, dan membawa buku-buku yang lebih berat daripada beban hidupnya sendiri.
     
Mahasisa berpakaian 'adanya apa'. Bagi yang kost, kalau pada hari itu baju-baju lain masih di tempat laundry, dan di kamar cuma ada satu kaos yang belum dicuci selama satu semester (atau bahkan satu dekade), maka bisa dipastikan mahasisa tersebut akan memakai kaos itu. Mahasisa kuliah hanya bermodalkan naPas. Kertas? Tinggal pinjam sama mahasiswa. Pulpen? Pinjem juga, dong, sama mahasiswa dan niscaya takkan pernah kembali

Mahasiswa bisa ditemukan di perpustakaan kampus, di ruang dosen (konsultasi mata kuliah), di markas organisasi kampus, atau di pinggir jalan sedang demo bersama mahasiswa lainnya.
     
Mahasisa bisa ditemukan berdiri di luar kelas sewaktu jam kuliah, memberi bahasa isyarat kepada temannya di dalam kelas (yang tentunya kebanyakan mahasiswa) yang artinya kira-kira, "WOY! Kalo nggak mau kepala pindah ke selangkangan, titip absen, ya! AWAS!"

Setelah utak-atik mbah gugel, saya nemu ilustrasi yang kira-kira pas buat kaum mahasisa:





HIDUP MAHASISA!




Hidup juga, lah, mahasiswa, siapa lagi yang mau dititipkan absen sama mahasisa. Perbedaan pola kuliah yang terjadi diantara mahasiswa dan mahasisa jangan sampai membuat komunikasi terpecah. Stay together in peace!
     
Semoga 2012 nggak jadi kiamat.
     
Amin.

,,,,,,

Terima Kasih Sudah Membaca!

25 Komentar

  1. wah..masiwa,,teringat perkataan ibu enny wahyuningtyas dulu,guru bahasa indonesia kita dulu waktu di smpn 6 banjarmasin...beliau sering memplesetkan mahasiswa itu adalah masiwa..kira" apa artinya ya beliau itu memplesetkan mahasiswa menjadi masiwa??

    BalasHapus
  2. kayaknya aku termasuk masiwa deh mas, tapi nggak termasuk yang baju nggak diganti satu dekade. haha..
    keep posting mas ya. jangan sibuk berantem mulu sama petugas akademik *eh :p

    BalasHapus
  3. ndek kampus yo gak isok TA nddek kantor yo gak isok TA, aku gak masuk kriteria nemen...

    BalasHapus
  4. Nyeritain diri sendiri itu kayanya lu bang hahaha

    BalasHapus
  5. dapat ide dari mana kak untuk nulis "Cerita Orang Malang" ?

    BalasHapus
  6. gan, ini ide sendiri ato gimana?

    BalasHapus
  7. kayaknya ilustrasi-nya itu ngegambarin tragisnya mahasiswa jurusan dkv / seni rupa gitu deh..
    bukan masiwa ;D

    KOWAWA!!

    BalasHapus
  8. HIDUP MASIWA, MASIWA JAYA SELALU, MASIWA SELALU DI HATI...

    BalasHapus
  9. pokoknya kakaknya macho :*

    BalasHapus
  10. meski gue sendiri belum mahasiswa, tapi gue menegrti penderitaan lo sebagai masiwa bang *upps...

    gue ngakak sendiri baca ini di kamar.. :D

    BalasHapus
  11. kaloo gue kaya bunglonn dehh.....
    kaloo lagii skripsiii ginii....berubahhh jadiii mahasiswaaa....
    kaloo pass kuliahh,,,menjelmmaa kembalii ke wujud asall...MASIWA...

    BalasHapus
  12. Dikira gila sama ibu gara-gara baca postingan ini sambil ketawa gajelas :D

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. yahhhh blognya ngga bisa di follow u.u

    BalasHapus
  15. masiwa lebih oke bang dripada mahasisa. .ko diganti? Ada yg komplen kah?

    BalasHapus
  16. Entertaining banget semua postingannya hahaha keep posting ka indraa :D

    BalasHapus
  17. Kalo mahasiswa: skripsi. Kalo mahasisa: skipsri. #apasihgue -___-

    BalasHapus
  18. MAHASISA, aku banged tuh bang, tapi tetep berharap bisa jadi MAHASISWA,

    BalasHapus
  19. hidup mahasisa... haha... gw bgt!!

    BalasHapus
  20. dengan malu dan bangga saya berkata.saya termasuk mahasisa.PRINSIP HIDUP MAHASISA ADALAH TUGAS AKAN TERASA MUDAH JIKA BUKAN KITA YANG MENGERJAKAN.BETUL?

    @Orchidia_Cindy

    BalasHapus

Popular Posts

CONTACT ME!

Nama

Email *

Pesan *